Rekomendasi Tanaman untuk Berkebun di Rumah Paling Sehat

Berkebun di rumah adalah salah satu alternatif bila Anda ingin membesarkan sendiri tanaman konsumsi. Namanya saja dilakukan di rumah, tentu tidak membutuhkan lahan atau biaya yang besar. Anda bisa menggunakan konsep urban farming sehingga memakai lahan kecil untuk berkebun bisa jadi lebih produktif.

Perlu diketahui karena lahan yang akan digunakan lebih kecil dari biasanya, jadi tidak semua jenis tumbuhan dapat ditanam. Umumnya jenis tumbuhan yang bisa digunakan berumur pendek dan bisa langsung dipetik. Untuk rekomendasi tanaman yang bisa Anda budidayakan ada dua golongan yaitu sayuran dan herbal, antara lain.

Berkebun di rumah
Berkebun di rumah

Rekomendasi Sayuran untuk Berkebun di Rumah

Untuk rekomendasi sayuran pertama adalah sawi, di mana proses penanamannya sangat mudah dilakukan. Menanam sawi sendiri harus dilakukan dekat dengan wilayah yang disinari matahari, maka dari itu penanamannya harus di luar rumah. Tapi jika di daerah Anda cukup terik, letakkan tumbuhan sawi disekitar pohon atau pagar.

Kegiatan berkebun di rumah juga direkomendasikan menanam tanaman bayam. Bayam sangat disukai untuk dibudidayakan di rumah karena mudah ditanam dan pemeliharaan tergolong mudah. Anda tinggal mempersiapkan bahan berupa benih bayam, tanah, pupuk dan polybag saja sudah cukup untuk menanamnya.

Rekomendasi selanjutnya adalah kangkung yang jadi sayuran paling banyak disukai orang Indonesia. Kangkung tergolong mudah dibudidayakan karena perawatan hanya tinggal disiram dan tidak lama setelah besar bisa segera dipetik. Anda bisa langsung mengolahnya menjadi cah kangkung atau olahan lain.

Sayur hijau lain yaitu buncis dan mentimun juga cocok dijadikan sebagai tanaman berkebun di rumah. Keduanya memiliki pohon merambat jadi perlu menyiapkan media perambatan terlebih dahulu. Baik buncis dan mentimun sebenarnya bisa terkena hama dengan mudah, jadi perlu Anda berikan anti hama agar tumbuh sehat.

Selain tanaman hijau, Anda juga direkomendasikan sayur lain seperti tomat dan wortel. Agar pertumbuhan lebih maksimal, menanam tomat dan wortel harus di tempat dengan sinar matahari yang cukup. Menanam tomat dan wortel juga harus sering diberi pupuk kompos dengan tujuan ukurannya semakin besar.

Rekomendasi tanaman untuk sayur selanjutnya adalah cabai dan daun bawang. Keduanya termasuk dalam bahan bumbu yang menambah cita rasa pada makanan. Jika menanam cabai, bisa dilakukan menggunakan pot plastik sedangkan menanam daun bawang cukup menggunakan polybag saja. Jadi, tidak memerlukan media berupa lahan.

Menanam Tanaman Herbal Sebagai Obat Alami

Selain sayur, berkebun di rumah juga disarankan menanam tanaman herbal salah satunya jahe. Jahe terkenal dapat menyembuhkan mual, nyeri sampai sakit perut. Selain bagus buat kesehatan, jahe tergolong sebagai bumbu masakan juga. Rasa jahe dapat menghangatkan suatu makanan, baik yang asin maupun manis.

Bumbu masakan yang termasuk herbal lainnya adalah lengkuas. Anda yang memiliki penyakit mag, sangat direkomendasikan mengkonsumsi lengkuas. Selain itu lengkuas juga baik digunakan mengobati batuk yang Anda derita. Jika Anda atau orang terdekat sedang demam, bisa juga diobati memakai lengkuas.

Tidak jauh berbeda dengan jahe dan lengkuas, apabila Anda menanam kunyit dan serai juga memiliki dua manfaat. Anda bisa menggunakannya sebagai campuran obat herbal sekaligus dijadikan sebagai bumbu masakan. Jadi, tanaman herbal yang ditanam memiliki lebih banyak manfaat buat Anda.

Tanaman herbal lainnya yang cukup direkomendasikan adalah kumis kucing. Bentuknya memang seperti tanaman liar, akan tetapi ternyata berkhasiat mengobati penyakit batu ginjal. Hal ini dapat terjadi karena ada kandungan dalam kumis kucing yang dapat menghilangkan bakteri pada kandung kemih.

Rekomendasi selanjutnya adalah daun sirih. Tumbuhan ini dikenal memiliki banyak manfaat dalam proses pengobatan suatu penyakit. Misalnya saja digunakan sebagai antiseptik alami dan obat radang sendi. Daun sirih juga terkenal membuat mulut lebih segar dan membersihkan daerah kewanitaan dengan baik.

Tanaman herbal segudang khasiat lain yang bisa Anda tanam adalah lidah buaya. Tumbuhan satu ini terkenal mampu menyehatkan kulit dan rambut secara alami. Memakai lidah buaya untuk kesehatan, dapat membuat kulit lebih lembab dan menghilangkan penuaan dini. Lidah buaya juga mampu menyembuhkan luka dengan baik.

Tentu kedua jenis tanaman berupa konsumsi dan obat tersebut sangat dianjurkan untuk Anda tanam di rumah. Apalagi ukurannya terbilang kecil dan tidak perlu banyak tempat akan tetapi hasil dan kegunaannya sangat besar. Jadi, kegiatan berkebun di rumah akan memberikan keuntungan untuk Anda.

Perkebunan Tanaman Hias, Ide Bisnis Menggiurkan Tahun ini

Saat ini berkebun tengah diminati oleh masyarakat, karena itulah perkebunan tanaman hias dapat menjadi ide usaha yang menarik. Tanaman hias banyak dicari bukan saja untuk menghias rumah, tapi telah berkembang menjadi hobi. Banyak orang membelinya untuk dirawat ditengah kesibukan sehari-hari.

Dengan semakin meningkatnya peminat tanaman hias, dan digalakkannya kampanye go green, bisnis satu ini memiliki prospek yang cukup bagus kedepannya. Saking meningkatnya permintaan pasar, beberapa waktu belakangan ini sejumlah tanaman dijual dengan harga sangat tinggi. Padahal sebelumnya jenis tersebut dijual dengan harga puluhan ribu saja.

melihat fakta tersebut, tentu sangat menguntungkan jika kita dapat memulai usaha pada bidang perkebunan satu ini. Apalagi jika Anda tinggal di daerah berhawa sejuk, sudah pasti lokasi Anda sangat mendukung untuk budidaya aneka tanaman hias.

Perkebunan Tanaman Hias
Yang punya hoby tanaman hias bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan juga seperti Aglonema, Monstera, Kaktus

Langkah Awal Memulai Bisnis Perkebunan Tanaman Hias

Seperti bisnis pada umumnya, saat mulai berbisnis Anda harus mengetahui dasar-dasarnya lebih dulu. Setidaknya simaklah beberapa tips berikut untuk dijadikan langkah awal dalam bisnis perkebunan anda.

1. Mengenal tanaman hias

Bisa dibilang ini adalah syarat yang wajib Anda penuhi, karena bagaimana mungkin seseorang bisa berdagang jika tidak mengenal produk yang dijualnya. Namun, Anda tidak usah terlalu khawatir, karena saat ini banyak media di internet yang menyajikan informasi seputar tanaman. Anda bisa juga membeli beberapa tanaman dan mencoba merawatnya lebih dulu hingga beberapa saat.

2. Lokasi perkebunan

Karena Anda adalah seorang pemula, ada baiknya untuk memanfaatkan halaman rumah sebagai lokasi usaha. Tidak perlu lahan luas terlebih dahulu, Anda bisa menanamnya di pot-pot yang bisa ditempatkan di pekarangan rumah. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah dan sekalian belajar cara merawatnya.

Namun, jika Anda memiliki lahan kosong dan lokasinya strategis, tempat tersebut bisa dijadikan sebagai tempat berjualan sekaligus perkebunan tanaman hias. Karena biasanya pembeli lebih tertarik jika dapat melihat cara penanamannya secara langsung.

3. Pemilihan jenis tanaman

Saat memulai usaha, Anda juga harus menentukan jenis tanaman hias apa yang akan dibudidayakan. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan lokasi dan media yang Anda gunakan untuk menanam. Beberapa tanaman hanya dapat tumbuh di lingkungan yang sejuk, dan ada juga yang bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang lebih panas. Karena itulah penting untuk menentukan jenis yang sesuai dengan lokasi usaha anda.

Referensi Tanaman Hias yang Dapat Dipilih

Berikut ini beberapa contoh tanaman yang dapat Anda pilih untuk dibudidayakan. Namun sebelum memilih salah satunya pastikan lebih dulu jenis mana yang paling banyak dicari di daerah anda. Pilih juga tanaman yang lebih mudah perawatannya mengingat Anda adalah seorang pemula.

1. Aglonema

Pada 2020 lalu aglonema sangat dicari dipasaran, harganya pun ada yang mencapai puluhan juta rupiah. Di Indonesia aglonema disebut juga dengan panggilan ‘sri rejeki’ karena konon tanaman ini dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Aglonema dapat tumbuh dengan baik di luar maupun dalam ruangan dan tersedia dalam aneka pilihan warna. Karena pemeliharaannya yang mudah, aglonema seringkali menjadi pilihan bagi para pemula dan dapat menjadi ide perkebunan tanaman hias anda.

2. Monstera

Salah satu yang populer dari jenis ini adalah janda bolong, monstera sangat unik karena daunnya yang berlubang. Perawatannya sendiri sangat mudah, asal rutin menyiram dan tidak terkena panas secara berlebihan, monstera bisa tetap tumbuh. Bahkan untuk beberapa jenis monstera dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

3. Kaktus

Jenis tanaman yang satu ini tidak memerlukan penyiraman secara rutin setiap hari. Jika Anda tinggal di daerah panas, kaktus dapat jadi pilihan terbaik. Bukan saja diburu untuk dijadikan penghias ruangan, kaktus juga banya dicari untuk dijadikan souvenir atau hadiah. Apalagi jenis dan warna serta bentuknya juga banyak dan unik-unik. Satu lagi yang menjadi keunggulan kaktus, yaitu tersedia dari harga beberapa ribu rupiah hingga puluhan juta.

Dengan makin meningkatnya kesadaran masyarakat terkait isu lingkungan, peminat tanaman juga ikut meningkat. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dan suka berkebun, sudah pasti bisnis perkebunan tanaman hias dapat menjadi ide usaha yang menjanjikan.