Sektor Pertanian Indonesia dan Berbagai Tantangannya ke Depan

Berbicara mengenai sektor pertanian Indonesia memang bisa dikatakan sebagai salah satu kekuatan ekonomi negara ini. Berdasarkan data saat ini bahkan ada sampai 100 juta orang di Indonesia yang berkecimpung di dunia tani. Tentu saja hal ini juga tidak kemudian membuat pemerintah diam, ada berbagai upaya yang dilakukan.

Kementerian Pertanian sudah melakukan berbagai usaha untuk memberikan pembinaan kepada rakyat yang berada pada sektor pertanian agar dapat mengembangkan kemampuannya. Sudah pasti hal ini dilakukan juga untuk menguatkan perekonomian Indonesia yang salah satunya ditopang oleh sektor tersebut.

Lahan Indonesia yang memang subur dan cocok untuk dijadikan sebagai area untuk diolah menjadi keuntungan tersendiri negara ini. Bahkan jika berbagai upaya lebih terus dilakukan maka kesejahteraan para petani juga akan meningkat. Termasuk di dalamnya adalah kontribusi bagi perekonomian negara juga akan mengalami peningkatan.

Masih ada berbagai tantangan di sektor pertanian Indonesia yang harus dihadapi terutama orang-orang bergerak di bidang tersebut. Setiap tantangannya perlu dicari solusi terbaik dan tepat tentunya. Sudah pasti juga termasuk dalam upaya meningkatkan potensi dari pelaku petani itu sendiri agar mampu mengembangkan lahannya sebaik mungkin.

Sektor Pertanian Sebagai Penopang Perekonomian

Pembinaan dilakukan oleh pihak pemerintah kepada usaha kecil menengah agar mampu dijadikan sebagai salah satu pondasi yang kuat terhadap perekonomian di Indonesia. Berbagai kerja sama juga terus dilakukan dengan banyak pihak agar bisa memberikan penyuluhan terbaik serta meningkatkan kemampuan dari para pelaku usaha tersebut termasuk di sektor pertanian di Indonesia.

Bidang pertanian khususnya untuk bidang pangan memang masih berpegang kuat pada sektor tani yang masih kecil. Oleh karena itu, bagian ini harus dibina sebaik mungkin agar dapat terus berkembang sesuai harapan. Tentu saja nantinya yang merasakan keuntungannya juga Indonesia sendiri sehingga sektor ini harus dijadikan sebagai pondasi perekonomian.

Ada banyak harapan terhadap sektor pertanian Indonesia serta pelaku usaha kecil yang masih pemula untuk melakukan berbagai inovasi. Hal ini tentu saja akan membantu dalam memperkuat perekonomian di negara ini. Apalagi untuk masalah pangan adalah sesuatu yang pastinya akan selalu dibutuhkan oleh manusia sebagai konsumennya.

Pola-pola sektor tani terus dikembangkan dengan berbagai upaya agar para petani juga bisa menerapkannya dengan baik. Pelatihan yang diberikan oleh pihak pemerintah menjadi salah satu jalan solusi untuk banyak pihak agar nantinya dapat mewujudkan tani yang maju dan tentunya berkembang secara optimal dalam meningkatkan perekonomian negara.

Tentu saja setiap upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah tidak akan membuahkan hasil optimal jika tidak ada dukungan dari pihak-pihak lainnya. Baik pihak yang diajak untuk melakukan kerja sama dan petani yang terjun langsung di lahan pertanian pastinya. Jadi memang semua pihak harus bersinergi dengan baik untuk menghasilkan yang terbaik.

Tantangan Pertanian Indonesia yang Perlu untuk Ditaklukkan

Meskipun memang masih menjadi sektor pendukung perekonomian terkuat di Indonesia, tetapi sektor pertanian Indonesia masih memiliki banyak tantangan untuk ditaklukkan. Tantangan pertama yang harus dihadapi adalah berkurangnya sumber air untuk memenuhi kebutuhan pertanian. Apalagi saat ini sudah banyak konversi lahan yang semakin tidak terkendali.

Tidak hanya itu, tetapi lambannya perkembangan kompetensi dari para petani juga menjadi tantangan selanjutnya. Meskipun penyuluhan dan pelatihan terus gencar dilakukan, tetapi tidak dibarengi dengan peningkatan kompetensi secara signifikan serta masih kurangnya pembangunan kelembagaan khusus bagi para petani sehingga hal ini harus dicarikan solusi.

Adanya kebijakan nasional yang dibuat untuk melakukan pelestarian serta pengembangan pada jenis plasma nutfah masih belum optimal. Hal ini menyebabkan beberapa potensi lokal dari sektor pertanian Indonesia mulai hilang. Tentu saja jika hal ini terus terjadi maka akan sangat merugikan untuk negara ini ke depannya.

Tantangan selanjutnya adalah karena upaya yang dilakukan pihak pemerintah dalam sinkronisasi sektor pertanian dengan pariwisata ternyata masih belum berjalan secara optimal. Oleh karena itu, masih dibutuhkan waktu lebih agar hal tersebut bisa memberikan perubahan besar pada kedua sektor ini tentunya.

Setiap tantangan tersebut masih akan terus berlanjut beberapa waktu ke depan. Masih ada banyak perjuangan perlu dilakukan agar nantinya mampu menghasilkan keuntungan terbaik. Oleh karena itu, harus mulai ditata kembali sektor pertanian Indonesia agar mampu menghasilkan lebih lagi.

Oleh Rusdi

Bloger mandiri dan sedang mencari jati diri menuju ridho Illahi