Potensi Perkebunan di Indonesia yang Luar Biasa

Potensi-Perkebunan-di-Indonesia-yang-Luar-Biasa
Potensi-Perkebunan-di-Indonesia-yang-Luar-Biasa

Indonesia memang memiliki sumber daya alam begitu luar biasa melimpah sebenarnya, sehingga membuat adanya potensi perkebunan di Indonesia sangatlah besar. Potensi tersebut berasal dari berbagai komoditas memang juga cukup besar ada di berbagai daerah Indonesia ini.

Suburnya tanah di Indonesia jika dikelola dengan baik tentu saja bisa menghasilkan sesuatu yang bahkan mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Meskipun begitu, saat ini pengolahannya terus dikembangkan sehingga komoditas berpengaruh tersebut bisa terus dioptimalkan hasilnya.

Setiap tahunnya potensi dan kontribusi dari sektor kebun dalam menghasilkan devisa negara juga terus bertambah. Oleh karena itu, memang seharusnya hal ini terus dijaga dan dilakukan pemberdayaan agar potensi perkebunan di Indonesia semakin meningkat serta mampu membantu menyejahterakan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Berbagai hasil perkebunan yang dimiliki tentu saja akan mendatangkan keuntungan. Namun selama ini memang masih ada beberapa hal masih perlu diperbaiki, secara sistem maupun sektor lainnya. Dengan upaya lebih optimal maka keuntungan hingga peningkatan devisa negara juga bisa ditingkatkan melalui sumber daya alam tersebut.

Indonesia memiliki berbagai daerah dengan hasil perkebunannya masing-masing. Bahkan lahan tersedia saat ini juga masih cukup luas, meskipun sempat terjadi pembakaran dan masalah lainnya. Namun beberapa komoditas tertentu ternyata masih memegang peranan penting untuk devisa negara Indonesia ini.

Adanya potensi perkebunan di Indonesia ini tentu saja bukan hal yang bisa disepelekan. Bahkan pihak Kementerian Pertanian RI juga terus berusaha melakukan pengembangan agar perkebunan dan pertanian di Indonesia bisa berkembang dengan baik. Tentu saja dengan tetap menjaga apa yang sebenarnya sudah dimiliki saat ini.

Komoditas perkebunan adalah sesuatu terbarukan dan serba bisa. Hal ini dikarenakan hasilnya bisa digunakan sebagai bahan energi, pangan, serta keperluan industri. Oleh karena itu, perkembangan dunia perkebunan menjadi salah satu fokus utama yang harus dijalankan oleh berbagai pihak terkait.

Apalagi Indonesia juga masih memegang posisi ketiga sebagai penghasil kakao dan karet terbesar. Ini adalah potensi besar yang jangan sampai hilang apalagi rusak dan dipercayakan pada pihak asing. Meskipun memang ada berbagai tantangan di depan yang mungkin harus dihadapi, tetapi pasti akan ada jalan jika semua pihak bersinergi dengan baik dalam hal ini tentu saja.

Masih banyak komoditas berpotensi yang masih belum banyak berkembang saat ini sehingga membutuhkan perhatian lebih agar mampu memberikan keuntungan lebih. Apalagi masih banyak daerah yang memiliki kesuburan tinggi, lahan cukup luas, dan hasil perkebunan menguntungkan untuk dimanfaatkan.

Komoditas Potensial Hasil Perkebunan Indonesia

Di Indonesia sendiri sebenarnya komoditas terbesar adalah minyak dan inti sawit. Kebanyakan lahan untuk sawit ini sudah dikuasai oleh perkebunan besar yang mengelola lahannya dengan modal besar untuk dikembangkan tentunya. Meskipun memang ada juga yang asalnya dari lahan kebun rakyat.

Sementara itu, untuk potensi perkebunan yang ada di Indonesialainnya adalah kakao, kopi, dan karet lebih banyak berasal dari perkebunan rakyat. Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia dengan berbagai kopi uniknya. Tentu saja hasil dari lahan ini juga sudah sampai ke pasar mancanegara dan mendulang kesuksesan di sana. Beberapa jenis kopi memang dianggap lebih bagus secara kualitas dibandingkan jenis kopi lainnya.

Untuk penghasil kakao atau cokelat maka daerah Sumatera dan Sulawesi adalah pusatnya. Bahkan salah satu potensi perkebunan di Indonesia besar ini mencapai nilai ekspor hingga 136,6 juta dolar Amerika. Peningkatan yang sangat signifikan terjadi setiap tahunnya untuk ekspor kakao ini ke berbagai negara lainnya.

Ada satu lagi hasil kebun yang berpotensi, yaitu tebu. Meskipun memang untuk pabrik pengolah tebu masih perlu banyak peremajaan karena kondisinya yang sudah tua karena beroperasi sejak masa penjajahan dahulu. Sementara untuk lahan tebu sendiri masih cukup luas sehingga memberikan kemungkinan besar berkembang lebih lagi jika dikelola sebaik mungkin.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan setiap potensi lahan yang ada tentu saja ada banyak pihak harus terlibat di dalamnya. Mungkin membutuhkan waktu, tetapi pasti bisa dengan berbagai kondisi tanah Indonesia memang sudah baik selama ini. Tinggal bagaimana caranya agar potensi perkebunan di Indonesia terus meningkat serta memberikan keuntungan.

Oleh Rusdi

Bloger mandiri dan sedang mencari jati diri menuju ridho Illahi