Porang, Produk Pertanian Indonesia yang Laris di Mancanegara

Sebagai negara yang luas dan tanahnya subur, tidak heran jika produk pertanian Indonesia menjadi salah satu sektor unggulan. Indonesia memiliki letak geografis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan matahari yang bersinar sepanjang tahun. Selain itu, negara ini juga berdiri di atas cincin api pasifik.

Karena berada di atas jalur gunung berapi, Indonesia menjadi negara yang rawan bencana, salah satunya gunung meletus. Namun, semburan lava pijar dan material gunung berapi ternyata bukan hanya membawa bencana, namun juga berkah. Karena material vulkanik tersebut membuat tanah disekitarnya menjadi sangat subur.

Salah satu produk pertanian Indonesia yang akhir-akhir ini diminati oleh pasar ekspor adalah porang. Tanaman yang satu ini merupakan sejenis umbi-umbian dan biasanya banyak dikonsumsi oleh masyarakat di pedesaan. Namun, siapa sangka bahwa tanaman yang dianggap remeh ini justru sangat dicari oleh pasar mancanegara.

Manfaat Umbi Porang untuk Kesehatan

Akrab disebut juga dengan nama lain iles-iles, porang dulu hanya dianggap sebagai tanaman liar karena aromanya yang kurang sedap. Namun, siapa sangka jika jenis umbi-umbian ini dapat diolah menjadi aneka produk seperti, tepung, mie, hingga digunakan dalam industri kecantikan dan pembuatan lem.

Selain menjadi bahan baku aneka produk tersebut, porang juga kaya akan khasiat bagi kesehatan. Adanya kandungan senyawa glukomanan dalam umbi porang membuatnya menjadi salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat. Berikut ini beberapa manfaat porang yang merupakan salah satu produk pertanian Indonesia.

  1. Salah satu bahan pangan sehat

Karena kandungan glukomanan di dalamnya, membuat porang dapat dijadikan sebagai alternatif bahan tepung. Bukan saja kandungan senyawa tersebut yang menjadikan porang unggul, namun porang juga mengandung serat dan rendah kalori. Bukan hanya bisa dinikmati dalam bentuk umbi lalu mengukusnya saja, anda juga bisa membeli produk-produk olahan yang berasal dari umbi satu ini. Salah satunya adalah tepung, yang dapat diolah menjadi aneka makanan.

  • Mengurangi kolesterol

Senyawa yang terdapat di tanaman satu ini ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Glukomanan dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi di usus kecil, sehingga meningkatkan insulin dalam tubuh.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kaya akan serat menjadikan produk pertanian Indonesia satu ini dapat dijadikan pilihan untuk program diet. Selain mengenyangkan, umbi porang saat ini juga tersedia dalam berbagai bentuk olahan, seperti mie yang dapat anda masak bersama bahan-bahan lain seperti sayuran untuk program diet.

Walaupun kaya akan manfaat, namun sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu jika mengkonsumsinya untuk tujuan pengobatan. Karena jika tidak cocok dengan kandungan di dalam umbi satu ini, tubuh akan merasakan efek sampingnya.

Cara untuk Budidaya Umbi Porang

China, Korea, Jepang, hingga Taiwan menjadi negara tujuan ekspor tumbuhan khas tropis satu ini. Jika dulu dianggap sebagai tanaman pengganggu atau hama, porang kini menjadi salah satu incaran bagi sektor pertanian dan pengusaha. Karena selain mudah dibudidayakan, nilai jualnya pun sangat tinggi, nah jika tertarik, berikut ini cara budidayanya yang harus anda simak.

  1. Budidaya dengan biji

Produk pertanian Indonesia satu ini biasanya akan berbunga setelah berusia empat tahun, bunga tersebut nantinya akan menjadi buah dan biji. Anda bisa mendapatkan biji porang dari bunga atau buah lebih dari 200 biji dari setiap buahnya. Untuk menumbuhkannya, anda harus menyemai bijinya lebih dulu hingga siap untuk dipindah ke media tanam.

  • Budidaya melalui umbi

Tanaman satu ini akan terus tumbuh dan menghasilkan umbi-umbi kecil di sekitar umbi utama yang biasanya berukuran lebih besar. Nah, untuk menjadikan umbi utama tersebut lebih besar, biasanya para petani akan mengurangi umbu-umbi kecilnya. Anda bisa memperbanyak atau membudidayakannya menggunakan umbi-umbi kecil tersebut sebagai bibit.

Itulah beberapa cara budidaya tanaman porang, namun sebelum mulai menanam ada baiknya untuk menyiapkan medianya lebih dulu. Karena tanaman tropis ini akan tumbuh dengan baik dibawah naungan pepohonan, terutama dibawah pohon jati. Iklim juga perlu untuk diperhatikan, karena produk pertanian Indonesia satu ini lebih menyukai tempat teduh.

1 Comment on “Porang, Produk Pertanian Indonesia yang Laris di Mancanegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*