Mengenal Jenis Ikan Air Tawar Paling Laku di Indonesia

Di wilayah Indonesia, terdapat banyak jenis ikan air tawar dengan kandungan gizi terbaik. Salah satu kandungan gizi yang banyak diminati adalah protein. Kandungan protein pada ikan air tawar nyatanya tidak kalah dengan laut, maka dari itu selalu digemari karena mudah juga untuk ditemukan dipasar.

Jika mencari dipasar maupun peternak secara langsung, Anda bakalan diberi banyak rekomendasi jenis ikan yang bisa dibeli. Tentu semuanya bagus untuk dipilih karena dibesarkan oleh peternak secara langsung sehingga sehat. Untuk ikan air tawar paling laku, antara lain.

Jenis Ikan Air Tawar Paling Laku di Pasar

Jenis ikan air tawar
Mengenal Jenis Ikan Air Tawar Paling Laku di Indonesia

Masuk dalam daftar pertama disini ada Mujair. Mujair sendiri memiliki ciri khas bentuk tubuh pipih dengan warna abu-abu cenderung hitam. Mujair sangat disukai karena rasanya enak tapi jumlah durinya sedikit. Anda bisa mengolah mujair sesuai selera sendiri baik dengan cara digoreng atau dibuat sup.

Kurang lebih sama dengan mujair, ada nila yang termasuk sangat cepat proses pertumbuhannya. Tidak heran nila termasuk produk ternak terbanyak dipasar. Nila memiliki rasa yang tidak terlalu berbeda dengan mujair. Untuk menikmati nila Anda bisa mengolah dengan cara ditumis dengan bumbu manis dan cabai.

Ada juga gurami yang tergolong jenis ikan air tawar terkenal diseluruh wilayah Indonesia. Gurami ini memiliki ciri fisik pipih dan daging tebal. Untuk harganya termasuk mahal jika dibandingkan mujair, apalagi banyak disajikan di tempat makan atau restoran. Anda bisa mengkonsumsi mujair dengan bumbu asam manis atau pedas.

Selanjutnya ada ikan mas yang bisa juga digunakan sebagai hewan hias di akuarium. Memiliki ciri khas tubuh gemuk membuatnya digemari sebagai sajian makan besar. Apalagi dimasak sebagai pepes, maka dagingnya bakalan terasa sangat lembut. Tapi Anda harus waspada karena duri dalam dagingnya sangat banyak.

Jenis ikan air tawar lainnya adalah bawal yang juga memiliki banyak duri seperti ikan mas. Bawal memiliki ciri khas sisik berwarna hitam dengan sentuhan oranye di bagian bawah tubuhnya. Selain itu bawal juga punya gigi runcing yang tajam dan berbahaya jika tidak hati-hati mengolahnya.

Jika membahas yang terlaris, maka lele harus selalu dimasukan dalam daftar. Lele banyak ditemukan di tempat makan karena rasanya yang gurih dan dagingnya tebal tapi lembut. Banyaknya peternak lele membuat stok dipasaran tidak pernah habis sehingga bisa jadi bisnis menguntungkan saat ini.

Ikan Air Tawar Paling Sehat untuk Ekspor

Jika ingin mengkonsumsi ikan buat kesehatan, maka salah satu yang direkomendasikan adalah patin. Patin memiliki ciri seperti lele di mana terdapat kumis pada mulutnya. Selain itu karakteristik tekstur dan rasa dagingnya juga mirip lele. Pating sangat bagus buat kesehatan karena mengandung DHA dan lemak tidak jenuh.

Tidak berbeda dengan patin, ada juga ikan gabus yang memiliki daging tebal dan gurih. Karakter kepala mirip ular sebenarnya membuat beberapa orang cukup ngeri melihatnya. Walaupun begitu, jika diolah dengan cara dikeringkan akan membuat dagingnya sangat nikmat. Tidak heran harga dipasaran cenderung mahal.

Selain jenis ikan air tawar biasa, ada juga rekomendasi mengkonsumsi belut air tawar. Belut air tawar memiliki ciri fisik kecil, panjang dan licin. Meskipun memiliki ukuran mini, tapi rasa dagingnya sangat gurih. Umumnya agar lebih simpel saat dimasak maupun dimakan, belut akan diolah dengan cara digoreng tepung.

Jika Anda merasa belut terlalu kecil, maka bisa mempertimbangkan mencoba sidat. Sidat memiliki ukuran fisik lebih besar dengan kepalanya yang runcing. Meskipun tidak terlalu diminati dipasaran lokal, sebenarnya sidat sangat digemari di luar negeri. Di Jepang misalnya, mereka memasak sidat dengan cara dipanggang menggunakan saus kabayaki.

Melihat banyaknya peluang pasar dalam bisnis ini, membuat semakin banyak orang mencoba ikutan berbudidaya. Apalagi dilakukan di air tawar bukannya laut sehingga bisa di pantai tanpa harus menggunakan kapal. Bisa juga menggunakan lahan minim untuk melakukan budidaya tersebut.

Semua jenis ikan tersebut memang terbilang sangat laku bahkan sampai diekspor karena kualitasnya yang memang baik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir atau ragu mengkonsumsi ikan air tawar dibanding air laut. Apalagi kandungan gizi semua jenis ikan air tawar terbukti mampu menyehatkan pengonsumsinya.

Jenis Ikan Laut Paling Enak Asli Indonesia

Kampanye untuk memperbanyak konsumsi berbagai jenis ikan laut bukan hal baru belakangan ini. Terutama saat digaungkan oleh mantan menteri perikanan dan kelautan Indonesia, Susi Pudjiastuti. Beliau mendorong masyarakat Indonesia agar lebih banyak membeli hasil laut karena stok setiap harinya yang melimpah.

Ikan laut dari Indonesia tergolong memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Terdapat kandungan gizi seperti omega 3, protein sampai mineral yang sangat penting buat kebutuhan harian kita. Apalagi untuk menambah energi setiap hari plus bagus juga buat pertumbuhan anak. Untuk jenis ikan terenak, antara lain.

Jenis Ikan Laut Berukuran Besar

jenis ikan laut
Jenis Ikan Laut Paling Enak Asli Indonesia

Pertama ada Tuna yang memang tergolong dalam hasil laut dengan ukuran cukup besar dan jadi komoditi ekspor terbaik. Jika dipotong, maka akan kelihatan daging berwarna merah menggugah selera. Untuk berat Tuna dewasa buat diekspor sendiri yaitu 35-350 kg. Tuna terkenal diolah sebagai bakso, sampai makanan khas Asia Timur.

Jenis ikan laut lainnya yaitu cakalang dengan ciri khas tubuh berwarna silver cerah dengan garis berwarna biru. Cakalang tergolong cukup besar dan umum ditemukan di wilayah Maluku dan Sulawesi. Jika mencari di internet, akan terdapat foto atau video penangkapan cakalang yang sangat unik dengan cara memancing di kapal beramai-ramai.

Hasil laut berukuran besar lainnya adalah tongkol yang pasti ditemukan jika mencarinya dipasar maupun tempat pelelangan. Ciri khas tongkol adalah tubuh panjang dan langsing serta tanda garis di bagian punggung. Tongkol sangat disukai masyarakat karena dapat dimasak jadi berbagai hidangan gurih maupun pedas.

Tenggiri juga tergolong sebagai jenis ikan laut besar paling enak dari Indonesia. Tenggiri sudah terkenal sebagai produk ekspor yang dapat dijadikan berbagai macam olahan makanan khas. Beberapa makanan olahan dari Tenggiri adalah pempek, kerupuk dan bakso. Semuanya sangat disukai karena gurih dan nikmat.

Selanjutnya ada kakap yang enak dimasak apapun, baik dibakar, digoreng maupun dibuat sup. Menurut para juru masak, kakap adalah bahan favorit karena karakter dagingnya mudah meresap bumbu. Alhasil jika dimasak, maka memiliki cita rasa khas yang kuat dan terpenting durinya tidak banyak.

Selain hewan berupa ikan, ada juga komoditi lain seperti gurita dan cumi-cumi yang laris dipasar lokal maupun internasional. Jangan lupa juga ada lobster, di mana merupakan salah satu produk laut ekspor kebanggaan Indonesia yang sulit untuk ditemukan di Negara lain karena tidak boleh melakukan ekspor bibit terlebih secara ilegal.

Ikan Laut Berukuran Sedang Khas Indonesia

Kita sudah membahas ikan dengan ukuran besar, kali ini ada yang ukurannya lebih kecil seperti makarel. Makarel mungkin lebih dikenal sebagai olahan kalengan sarden dengan bumbu pedas manisnya. Ikan ini memiliki ciri khas tubuh panjang, langsing dan karakter daging lembut tapi durinya tidak mengganggu.

Jenis ikan laut sedang lainnya adalah baronang yang hanya berukuran maksimal sampai 45 cm saja. Baronang terkenal jika dimasak dengan cara dibakar dan diberi bumbu manis. Kalau di tempat makan, dagingnya bakal diberi tetesan air lemon atau jeruk nipis dengan tujuan supaya dagingnya terasa lebih segar dan tanpa amis.

Jika Anda akan beli tuna atau tongkol tapi ukurannya terlalu besar, mungkin bisa mempertimbangkan jenis selanjutnya yaitu ikan kembung. Selain ukuran lebih minimalis, harganya juga lebih murah. Dari segi rasa tidak jauh berbeda jika digoreng maupun dipepes, selain itu proses pemasakannya memakan waktu lebih sedikit.

Rekomendasi lainnya adalah belanak yang memiliki ukuran tubuh kecil dan mirip dengan ikan air tawar. Belanak sendiri memiliki karakteristik daging lebih keras sehingga kurang diminati apabila diolah dengan cara digoreng. Belanak akan lebih enak diolah menjadi bakso ataupun kerupuk saja.

Selain berukuran besar dan sedang, ada juga rekomendasi ikan berukuran kecil seperti teri. Meskipun kecil dan murah, tapi teri punya kandungan gizi baik seperti fosfor dan kalsium. Teri juga memiliki rasa nikmat terlebih dimasak sebagai bahan sambal maupun tumisan sayur-sayuran.

Makan ikan memiliki khasiat sangat baik buat kesehatan kita. Terlebih lagi untuk mencari bahan makanan tersebut bukan hal yang sulit dilakukan. Bahkan di daerah bukan dekat laut pun pasti terdapat penjualnya. Mengkonsumsi berbagai jenis ikan laut asli juga mendukung kerja nelayan Indonesia.

Jenis Ikan yang Cocok untuk Budidaya Perikanan Air Payau

Beberapa cara dapat dijadikan pilihan untuk memelihara ikan, salah satunya budidaya perikanan air payau. Dijuluki sebagai negara maritim, Indonesia memiliki hasil laut yang melimpah. Untuk memenuhi permintaan pasar, para nelayan bukan saja mengandalkan tangkapan dari laut atau danau.

Kini, para nelayan juga membuat keramba-keramba di tengah danau maupun laut untuk mendapat pasokan lebih banyak dan mudah. Namun ternyata, keramba dapat juga dibuat di perairan payau yang merupakan perpaduan air tawar dan laut . Keramba jenis ini biasanya terletak tidak jauh dari pantai.

Karena airnya yang lebih sedikit mengandung garam, beberapa jenis ikan lebih cocok untuk dibudidayakan di jenis air ini. Bahkan saat ini, jenis budidaya air payau telah dikenal dunia dan Indonesia dijadikan sebagai percontohan. Nah jika Anda tertarik, berikut ini beberapa hal menarik tentang pembudidayaan air payau.

Jenis Ikan untuk Budidaya Air Payau

Budidaya perikanan air payau dipilih karena lebih mudah dalam pemeliharaannya. Selain itu beberapa jenis ikan juga dapat tumbuh lebih baik dan cepat besar jika dipelihara di perairan payau. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Ikan kerapu

Salah satu jenis ikan laut satu ini terus mengalami penurunan populasi, karena itulah beberapa daerah mulai mengembangbiakkannya dalam keramba. Ikan ini terbagi dalam beberapa jenis dan sangat digemari untuk dikonsumsi karena rasanya yang lezat. Dari sejumlah ikan payau lainnya, kerapu termasuk yang harganya cukup tinggi di pasaran.

  1. Ikan patin

Patin masih satu keluarga dengan lele karena juga memiliki kumis, dan termasuk salah satu yang paling populer di Indonesia. Patin kerap kali dipilih oleh pembudidaya karena tidak butuh waktu lama untuk memanennya. Karena memiliki daging yang tebal, patin seringkali dipilih dalam olahan aneka masakan khas Indonesia.

  1. Udang

Udang bisa menjadi pilihan budidaya perikanan air payau, karena udang menjadi salah satu jenis seafood yang paling banyak digemari. Mulai dari pasar hingga supermarket besar pasti membutuhkan stok udang karena banyaknya permintaan. Bahkan, para pembudidaya tidak hanya memasuk kebutuhan dalam negeri saja, melainkan sudah diekspor hingga ke negara-negara tetangga.

  1. Bandeng

Rasanya semua orang Indonesia pasti tidak asing dengan nama ikan bandeng atau nama lainnya milk fish ini. Jenis ikan yang banyak diolah menjadi aneka hidangan di Indonesia ini ternyata juga dapat dibudidayakan secara maksimal di tambak dengan air payau. Bahkan beberapa daerah di Jawa dan Sulawesi telah menjadi sentra budidaya bandeng.

  1. Kepiting

Kepiting selalu menjadi pilihan utama dalam olahan seafood, dagingnya yang lembut dan kaya akan kandungan gizi membuatnya tidak pernah kehilangan pasar. Kebanyakan orang pasti mengira bahwa kepiting dibudidayakan dengan air laut. Namun sebenarnya akhir-akhir ini kepiting juga telah dibudidayakan di perairan payau. Walaupun demikian, nilai jualnya tetap sama tinggi.

Tips Budidaya Perikanan Air Payau

Jika Anda memiliki minat untuk usaha di perikanan payau, langkah awal yang harus disiapkan tentu saja lahannya. Namun jika Anda sudah memiliki lahan yang siap untuk digunakan sebagai lokasi tambak, berikut ini tips selanjutnya yang harus Anda persiapkan.

  1. Kolam ikan

Hal pertama yang harus dibuat adalah kolam ikan, jika Anda memiliki lahan di muara sungai tentu akan lebih mudah jika membuat keramba. Namun jika tidak, Anda juga bisa membuat kolam yang disesuaikan dengan modal dan lahan. Seperti membuat kolam semen, kolam terpal, atau kolam plastik.

Kedalaman dan lebar kolam bisa disesuaikan dengan jumlah ikan yang nantinya dikembangbiakkan. Namun kedalaman kolam paling ideal adalah 1,5 meter, karena jika terlalu dangkal plankton akan sulit berkembang dan ikan memiliki ruang gerak terbatas.

  1. Penaburan bibit ikan

Sebelum melakukan tips budidaya perikanan air payau yang kedua ini, Anda harus lebih dulu menyiapkan air. Yaitu dengan memberinya beberapa campuran bahan kimia yang dapat membantu menyingkirkan bakteri penyebab hama. Setelah itu, barulah bibit ikan bisa dimasukkan.

  1. Pemeliharaan air

Bukan saja ikan, air juga perlu untuk diperhatikan. Biasanya para peternak akan mengganti air setiap 3 hingga 4 minggu sekali. Anda juga harus tetap menjaga ketinggiannya dengan mengisinya setiap 3 hari sekali. Karena biasanya jumlah air akan berkurang karena adanya proses penguapan.

Masih banyak jenis ikan lainnya yang dapat Anda pilih untuk budidaya air payau. Tentunya masing-masing jenis memiliki tingkat keasinan ideal, karena itulah sebelum budidaya perikanan air payau sangat penting untuk mencari informasi sebanyak mungkin.

Ikan Hias Asli Indonesia Punya Potensi Besar Kuasai Ekspor

Indonesia memang sebenarnya memiliki kekayaan hayati begitu besar, termasuk adanya beberapa jenis ikan hias asli Indonesia yang banyak diminati hingga mancanegara. Jenis ikan tersebut bahkan ada yang tidak ditemukan di daerah lain sehingga jika menginginkannya memang harus membeli dari Indonesia.

Tentunya hal ini adalah sebuah potensi besar memang harus dikembangkan dengan baik. Oleh karena itu, bahkan pemerintah juga sudah membuat target untuk Indonesia bisa menjadi eksportir ikan hias terbesar. Hal ini sudah pasti karena potensi besar memang dimiliki dan sudah jelas ada masa depan bagus di sana.

Kesempatan tersebut tidak boleh sampai disia-siakan, harus ada tindakan nyata untuk mencapai target tersebut. Semua ikan hias asli Indonesia perlu dikelola dengan baik bukan hanya budidayanya, tetapi juga pengolahan penjualannya. Dengan begitu tidak akan sampai ada masalah ke depannya nanti.

Ada banyak sektor dan pihak yang harus bekerja sama untuk melakukan hal ini sebaik mungkin. Apalagi perairan di Indonesia itu cukup luas sehingga ada banyak spesies khusus yang bisa ditemukan. Bahkan mungkin saja ada spesies yang ada di Indonesia, tetapi belum ditemukan hingga saat ini.

Potensi Ekspor Ikan Hias yang TerusMeningkat

Potensi ekspor sektor tersebut dari Indonesia memang terus meningkat sejak tahun 2012 berdasarkan catatan sudah berhasil dikumpulkan. Adanya fakta ini menunjukkan bahwa potensi besar ini harus mulai untuk diseriusi dan dilakukan langkah tepat agar tidak sampai lolos harapan tersebut. Berbagai ikan hias asli Indonesia harus dikelola sebaik mungkin oleh ahlinya.

Beberapa negara sekarang sudah menjadi tujuan dari ekspor ikan hias ini adalah Amerika, Rusia, Singapura, hingga China dan Kanada. Oleh karena itu, dalam strategi pembangunan untuk bidang ikan hias diatur juga mutu dan produksi pada sektor tersebut. Bahkan sampai juga pada konservasi spesies dan habitat yang dimiliki binatang menarik tersebut.

Pihak Badan Standarisasi Nasional bekerja sama dengan banyak pihak untuk membentuk pola agar pengiriman sektor ini bisa semakin dioptimalkan. Sehingga nantinya skema penilaian kesesuaian ikan hias dan perikanan bisa secara tepat dilakukan. Hal ini pastinya juga untuk meningkatkan potensi ikan hias asli Indonesia.

Pemasaran untuk jenis tersebut saat ini baik akan dijual dalam negeri maupun mancanegara sudah bisa dilakukan melalui sosial media sehingga aksesnya juga jauh lebih mudah. Begitu juga dengan berkembangnya kontes untuk hewan hias ini yang membuatnya semakin bernilai mahal ketika nantinya dijual ke pasaran.

Jenis Ikan Hias Indonesia yang Menarik Perhatian

Ada beberapa jenis ikan hias asli Indonesia yang mungkin sudah cukup banyak dikenal terutama di pasaran mancanegara. Salah satunya adalah arwana fish dengan harga sangat fantastis ketika dijual. Apalagi dengan beberapa warna serta bentuknya yang unik sudah pasti akan sangat menarik perhatian para pembeli di luar sana.

Sementara untuk hewan dengan ukuran lebih kecil ada spesies botia. Botia ini memiliki corak yang unik dengan garis serta dominasi warna oranye di tubuhnya sehingga banyak juga peminat dari jenis yang satu ini. Ada juga peminat cupang yang pastinya sudah sangat populer ada di negara ini mulai dari harga yang relatif murah hingga mahal.

Keindahan dari rainbow fish tidak kalah menarik perhatian pasar secara luas. Ada dua jenis di Indonesia, yaitu rainbow fish Papua dan Sulawesi. Ada potensi ekspor yang begitu besar untuk jenis spesies ini karena memang keunikan serta kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Sehingga banyak orang mencari jenis ikan yang bisa ditemukan di Indonesia ini.

Tiger fish atau ikan Sumatera jadi jenis berikutnya sebagai ikan hias asli dariIndonesiayang banyak diperbincangkan. Dengan warna tubuh yang coraknya mirip harimau, tipe tubuh dari tiger fish ini juga sangat unik. Meskipun agak agresif terhadap hewan air lainnya dengan ukuran lebih kecil, tetapi bisa dipelihara di akuarium dan memberikan corak menarik.

Memang potensi ini jadi salah satu hal yang harus terus dikembangkan oleh para pegiatnya. Apalagi dunia ekspor bisa menjadi peluang besar untuk negara juga mendapatkan banyak keuntungan. Jadi memang untuk sektor ikan hias asli Indonesia tidak boleh luput dari perhatian dan perencanaan ke depannya.