Hasil Pertanian Indonesia Paling Diminati di Dunia

Hasil pertanian indonesia sangat penting untuk memajukan pergerakan ekonomi negara kita setiap harinya. Bahkan negara kita tergolong sebagai daerah yang menjunjung tinggi semangat bertani bagi masyarakatnya. Tidak heran pemerintah selalu mencari cara agar komoditi pertanian kita semakin maju setiap saat.

Indonesia sendiri termasuk negara agraris yang terdapat banyak komoditi pertanian ekspor terbaik sampai ke luar negeri. Dari segi kualitas maupun harga, tentu tidak kalah dari negara pesaing lainnya. Untuk jenis produk tani paling diminati, tergolong dalam kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lain.

Hasil pertanian Indonesia
Hasil Pertanian Indonesia Paling Diminati di Dunia

Makanan Pokok dan Kebutuhan Sehari-hari

Untuk hasil pertanian indonesia paling disukai pertama adalah kopi. Indonesia memiliki iklim yang tepat untuk menghasilkan produk kopi berkualitas super. Banyaknya produksi kopi di nusantara, membuat kita hanya kalah dari Brasil dan Vietnam saja. Dengan kata lain, masuk 3 besar produsen kopi terbesar dunia.

Indonesia terkenal dengan jenis kopi arabika dan robusta. Selain itu kopi luwak juga jadi komoditi ekspor besar lainnya dari negara kita. Beberapa importir di wilayah Amerika, Asia dan Timur Tengah adalah daerah ekspor terbesar saat ini. Tidak heran jika kopi khas nusantara kita sering muncul di berita atau artikel asing.

Hasil pertanian indonesia selanjutnya adalah beras. Mungkin banyak yang heran karena Indonesia adalah negara penghasil beras besar akan tetapi sering melakukan import. Ini dilakukan karena kebutuhan nasional akan beras kita memang besar. Jadi, tidak mungkin hanya mengandalkan hasil produksi lokal.

Sementara itu untuk jenis beras yang diekspor ke berbagai negara bukanlah beras sembarangan melainkan beras premium. Dengan kata lain beras dengan kualitas terbaiklah yang diekspor dari negara kita ke luar negeri. Beberapa negara tujuan ekspor beras premium ada di ASEAN, benua Amerika dan Eropa.

Buah dan sayur juga termasuk dalam hasil tani besar dari nusantara bahkan diekspor juga ke mancanegara. Buah dan sayur yang diekspor kebanyakan memiliki khasiat atau manfaat baik buat kesehatan. Misalnya saja buah manggis dan pisang yang digemari beberapa negara seperti Jepang, Tiongkok dan negara-negara ASEAN.

Lalu untuk sayuran, maka jumlahnya lebih banyak bahkan sampai 80 jenis. Sayuran dari pertanian negara kita diekspor menuju Tiongkok, Taiwan, Belanda dan negara-negara ASEAN. Selain tanaman konsumsi, ternyata pembudidaya juga melakukan ekspor bunga seperti melati dan kamboja.

Hasil Pertanian Indonesia Berupa Rempah dan Tembakau

Jika menyangkut rempah-rempah, nusantara memang jadi salah satu penghasil terbesar dari dulu sampai sekarang. Apalagi di zaman dahulu di mana perdagangan rempah Indonesia menguasai dunia. Banyak perantara dagang asal Portugis, Belanda dan Spanyol menyalurkan rempah Indonesia ke wilayah mereka.

Hasil pertanian indonesia terbanyak terutama berasal dari wilayah timur. Bukan hanya jumlah yang besar akan tetapi dari segi kualitasnya bagus. Meskipun begitu, pertanian rempah di wilayah Indonesia masih perlu dikembangkan kembali. Termasuk dengan tujuan membuat petaninya semakin maju dan berkembang.

Jika petani mampu menunjukan perkembangan yang maksimal, maka menguntungkan buat perekonomian. Beberapa produk rempah yang paling digemari adalah lada, vanili dan biji pala. Selain itu Indonesia beberapa tahun belakangan ini ekspor cengkeh dan kayu manis juga makin besar.

Selain rempah, ekspor pertanian Indonesia juga menyasar pada tembakau. Terlebih lagi dipasaran internasional di mana tembakau dipakai sebagai bahan pembuatan parfum dan obat. Jadi, tembakau tidak hanya dijadikan sebagai rokok saja, melainkan kegunaan lain membuat peluang ekspornya semakin besar.

Di wilayah Indonesia, Bojonegoro adalah daerah dengan kualitas tembakau terbaik. Mereka berhasil membudidayakan tembakau virginia dengan kualitas super. Selain itu di Jawa Timur, daerah seperti Madura dan Jember juga sudah mampu memproduksi tembakau berkualitas.

Untuk saat ini Indonesia memiliki pusat ekspor ke beberapa negara Eropa seperti Rusia, Jerman dan Belgia. Ekspor ke Amerika Serikat juga sudah digalakkan cukup lama, dan beberapa tahun terakhir mulai merambah pasar Afrika sehingga semakin luas jangkauan ekspor tembakau kita.

Melihat besarnya komoditi ekspor dari produk tani tersebut, membuat peluang Indonesia jadi nomor satu dalam bidang ini semakin besar. Tentu harus didukung juga dengan banyaknya petani dengan produk hasil pertanian indonesia wajib dapat bersaing dengan negara asing lain yang mulai berkembang.

Oleh Rusdi

Bloger mandiri dan sedang mencari jati diri menuju ridho Illahi